Wednesday, February 11, 2009

BAHAN RENUNGAN HARI KE-3

BAHAGIA


 “Dengan cara mana aku mencari Engkau, ya Tuhan? Ka­rena kalau aku mencari Engkau, Allahku, aku mencari kehidupan bahagia," tanya St. Agustinus kepada Tuhan dalam "Pengakuan"-nya. Melalui refleksi yang mendalam, Agustinus ingin mencari hidup bahagia di dalam Allah; dan ia telah meng­ambil langkah yang tepat. Sebab, "Kebahagiaan sejati tidak ter­letak dalam kekayaan dan kemakmuran, tidak dalam ketenaran dan kekuasaan, juga tidak dalam karya manusia - bagaimana pun juga nilainya seperti ilmu pengetahuan, teknik dan kesenian... tetapi hanya di dalam Allah "
(Katekismus Gereja Katolik, 1723).
Teknik pengambilan gambar dan kesenian yang menjadi hi­buran di televisi, film khususnya, seolah telah menyajikan rasa bahagia bagi pemirsa. Padahal, apa yang dilihat mata di televisi tidak selalu berdasarkan fakta tetapi hasil rekayasa manusia. Akibatnya, setelah nonton film di televisi ada orang malah tidak bisa tidur, takut dan gelisah. Ia menjadi tidak bahagia.
Hidup bahagia dicari dan ditemukan bukan dalam sesuatu yang dapat dilihat tetapi di dalam Allah. Hidup bahagia dialami sebab orang percaya kepada Allah dan kepada Yesus, Putera-Nya yang telah wafat dan bangkit.
Rasul Tomas tidak mau percaya kalau tidak melihat sendiri Yesus yang menampakkan diri (Yoh 20:25b). Karena Tomas tidak melihat sendiri Yesus yang bangkit, ia menjadi tidak percaya. Tetapi, ketika delapan hari kemudian Yesus menampakkan diri di hadapan mereka semua, akhirnya ia menjadi percaya. Ia berseru, "Ya Tuhanku don Allahku" (ay 28).
Namun, Yesus berkata kepadanya, "Karena engkau telah me­lihat aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya"(ay 29). Sekiranya Tomas percaya ketika mendengar berita dari teman-temannya, ia sudah hidup bahagia. Satu minggu lamanya ia telah kehilangan kebahagiaan.
Banyak orang kehilangan kesempatan untuk hidup bahagia karena tidak percaya kepada Allah dan Putera-Nya. Bagaimana dengan Anda? Percaya adalah kunci hidup bahagia! (Arp)

No comments: