Saturday, February 21, 2009

BAHAN RENUNGAN HARI KE-11

BERHALA



Seandainya Hosea hidup kembali, ia akan marah sekali. Manusia-manusia zaman sekarang suka 'menyembah buatan tangannya'. Itu nampak ketika seseorang berada di depan televisi. Televisi seakan-akan telah menjadi tuan yang patut diberi puja-puji. Karena itu banyak orang rela memberikan dirinya begitu lama di depan televisi.
"Mau apalagi, tidakada hiburan", kata seseorang menghibur diri."Mau baqaimana lagi tidak ada pekerjaan'; kata yang lain menenangkan diri. "Kami butuh refreshing", kata yang lain mem­bela diri.Terserahlah! Intinya toh sama. Televisi telah mengalahkan Tuhan. Mari kita hitung, berapa waktu yang kita persembahkan buat Tuhan dalam sehari. Mungkin waktu kita untuk Tuhan 10% kurang dari dari waktu kita untuk menonton televisi.
Lebih mengenaskan lagi, tontonan dalam televisi banyak yang tidak mendidik. Sinetron yang tidak masuk akal. Acara pencarian bakat yang membodohkan (menurut data KOMPAS, telah banyak korban acara seperti ini). Berbagai bentuk kekerasan dan ung­kapan tidak sopan, semuanya ada. Karena kita tonton setiap hari, kita semakin tidak katolik. Mengapa saya katakan demikian? Sebab kita diam saja dengan hal-hal semacam itu. Kita juga terjebak dafam bisnis pengumpulan pulsa yang membuat banyak orang terjerat hutang. Kita telah ikut memupuk mimpi-mimpi kosong yang menghilangkan semangat kerja keras.
Televisi adalah buatan tangan manusia, namun sekarang kita menyembahnya. Sungguh Hosea akan murka jika ia mengetahui hal ini. Apa yang mesti kita lakukan agar kita tidak terkena murka Hosea, bahkan murka Allah? Mari kita jalankan tugas kita sebagai pengikutYesus, mewartakan kabargembira. Tugas ini tidak mudah. Bahkan bahaya akan mengancam. Namun jangan takut. Roh Tuhan akan menyertai kita.
Televisi adalah salah satu tantangan kita. Agar dapat men­jadikan televisi sebagai sarana pendewasaan, kita mesti kritis. Jika tayangan yang ada tidak berkualitas jangan ditonton. Jangan mau dibodohi televisi. Jangan pernah menyembah buatan tangan kita sendiri. Karena ia adalah berhala. (UIs)

No comments: